Sejarah Singkat Roda Dan Ban

Tidak banyak orang yang tahu tentang sejarah ditemukannya roda dan ban atau sejarah perkembangan roda dan ban. Padahal ditemukannya roda berdampak signifikan pada kemudahan setiap aktivitas manusia di dunia. Dari beberapa sumber saya mencoba menelusuri tentang sejarah roda dan ban.

Roda Jaman Batu
Sumber Gambar: http://www.sarapan.info/



Roda pertama kali digunakan orang Sumeria pada tahun 3.500 SM. Pada tahun 3.000 SM mulai dikenal kereta dorong di Asiria. Eropa sendiri baru mengenal kereta dorong pada tahun 1.000 SM, bahkan di Inggris baru pada tahun 500 SM. Pada awalnya kendaraan yang beroda ini mempunyai kendala sulit berbelok, untuk bisa membelokkan kendaraan perlu diangkat seluruhnya dan disesuaikan arahnya. Masalah teratasi dengan penemuan poros roda yang bisa membelokkan arah. Saat perang mulai menggunakan senjata berat, persenjataan tersebut dilengkapi alat bantu penggerak berupa roda yang dilengkapi ban agar awet ketika digunakan pada jalan jelek. Aplikasi ban waktu itu sangat sederhana yaitu dengan memaku lapisan kulit atau tembaga pada roda.

Ban Motor
Sumber Gambar: http://4.bp.blogspot.com/
Khusus penemuan ban, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet pada tahun 1844. Kemudian pada tahun 1888, John Dunlop menemukan ban pneumatic (ban berisi udara atau pada saat itu disebut ban hidup) untuk sepedanya. Tahun 1895, Andre Michelin menerapkan ban pneumatic pada mobil tetapi gagal. Philip Strauss akhirnya berhasil menerapkan ban pneumatic ini dengan tambahan ban dalam (inner tube) pada tahun 1911. Sebenarnya pada tahun 1903, P.W. Litchfield dari Perusahaan Ban Goodyear mematenkan ban tubeless (ban tanpa ban dalam), tetapi ban jenis itu belum dikomersiilkan secara besar-besaran sampai tahun 1954. Keberhasilan penerapan ban pneumatic tidak lepas dari penggunaan rim sebagai tempat melekatnya ban dan penemuan ban beralur oleh Frank Sieberling pada tahun 1908 dan ban tahan lama hasil penemuan perusahaan B.F Goodrich dengan mencampurkan unsur karbon ke dalam karet. Goodrich juga menemukan ban karet sintetis dan dipatenkan pada tahun 1937.

Sumber-sumber:
http://nuepoel.wordpress.com/
http://inventors.about.com/
http://id.wikipedia.org/
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url